Kamis, 12 Mei 2016

Sejarah Dinosaurus Dan Masa Kepunahannya




Dinasaurus  Adalah Kelompok Hewan Purba Dari Klad/Klade (Kelompok berdasarkan Tingkatan Yang Memiliki Satu Leluhur Bersama Dan semua Keturunan Berasal Dari Nenek Moyang tsb) Dinosauria.
Menurut Kajian taksonomi filogenetika, Dapat diartikan bahwa dinosaurus "Kelompok yang Terdiri Triceratops (Wajah Bertanduk tiga/Dinosaurus Bertanduk 3 yang Berbadan Besar), Neornithes ( Burung Modern),Serta Nenek Moyang Dan keturunannya.
Takson Dinosauria Dinamai Secara Resmi Pada Tahun 1842 Oleh Paleontolog Inggris Yang Bernama Sir Richard Owen. Yang Digunakan Untuk Merujuk " Suku Atau Sub-Ordo Reptil Sauria Yang Khas". Kemudian Nama ini Diakui Oleh Inggris Dan Di seluruh Dunia.
Nama Ini Sendiri Berasal Dari Bahasa Yunani δεινός ( Deinos,Yang Berarti "Mengerikan"."Kuat".atau juga "Sangat Besar"). Dan σαῦρος (Sauros,Yang berarti "Kadal".Atau"Reptil") Meski Nama Taksonomik Tersebut Sering Diartikan Sebagai Referensi Pad Cakar,Gigi,Dan Ciri Mengerikan Lainnya Pada Dinosaurus, Owen Sebenarnya hanya Bermaksud Mengingat Keagungan Dinosaurus itu Sendiri.

Dinosaurus Pertama Kali Muncul Pada Periode Trias Diperkirakan Sekitar 230 Juta Tahun Yang Lalu ,Dan Merupakan Hewan Bertulang Belakang Dominan Selama 135 Juta Tahun Lalu. Yang Di Mulai Sejak Periode Jura Sekitar 201 Juta Tahun Yang Lalu Hingga Berakhir pada Periode Kapur (65 Juta Tahun Lalu) Lalu Musnah Akibat Peristiwa Kepunahan Kapur-Paleogen Sebelum Era Mesozoikum
(Zaman Tengan/Zaman Reptil).

Dinosaurus DiSetiap Benua Bisa Ditentukan Melalui Spesies Yang Masih Hidup atau melalui Sisa-sisa Fosil. Mayoritas Diantaranya Herbivore (Pemakan Tumbuhan) Sedangkan Selebihnya Karnivora (Pemakan Daging),Kebanyakan Besar Keturunan dinoasurus yang masih hidup adalah bipedal (berkaki dua), Namun Kebanyakan Jenis Dinosaurus yang punah adalah Quadrupedal (Berkaki Empat).  Ada Beberapa Kelompok Yang Telah Punah Memiliki Struktur tulang yang khas Seperti Duri dan tulang punggung yang tajam, Karakteristik Dinosaurus hampir semuanya sama bahwa bertelur dan membuat sarang.
Meskipun Kata Dinosaurus yang mana secara harfiah berarti " Kadal Yang Mengerikan" Namun Sebenarnya dinosaurus bukannya spesies kadal. Malah Sebaliknya Dinosaurus Tergolong Dalam Kelompok Reptil Yang Terpisah. Bukti Bahwa diosaurus yang punah sama sekali tidak mencerminkan karakteristik reptil,Misal: Bergerak Melata dan ektoterma,Selain itu Kebanyakan dari Hewan-Hewan Pra-Sejarah Seperti Mosasaurus,ichthyosaurus,pterosaurus,plesiosaurus dan dimetrodon, Dianggap Sebagai Jenis Dinosaurus, Namun Sebenarnya hewan-hewan ini bukan Dinosaurus, Sebelum Burung diakui sebagai keturunan dinosaurus pada abad ke-20, Sebagian Besar para ilmuan percaya bahwa dinosaurus adalah hewan yang lamban dan berdarah dingin. Namun Penelitian Yang Di lakukan Dari 1970-an Menunjukan Bahwa Dinosaurus adalah hewan aktif dengan sistem metabolisme yang tinggi dan melakukan berbagai adaptasi terhadap lingkungan dan interaksi sosial.

TUlang tulang dari Dinosaurus Mereka Sangatlah Besar , Tulang dinosaurus ditemukan oleh Dr.Robert Plot pada tahun 1677. Awalnya tulang tulang itu dikira tulang dari gajah raksaksa. Nama Yang Diberikan Pada Hewan ini adalah Scrotum Humanum.
Hal ini terjadi Sebelum Nama Dari "Dinosaurus" Dimunculkan.
Pada tahun 1822 Seseorang yang bernama Mary Anne Mantell Juga menemukan Sebuah Tulang Yang Berkilau Di Sinari Matahari di Sebuah Jalan raya Sussex, Lalu membawa Pulang tulang tersebut untuk Di tunjukan kepada suaminya Dr. Gideon Mantell, Dokter asal Inggris dan Pemburu Fosil Amatiean. Dr Gideon Mengumumkan Bahwa Tulang Tersebut Mempunya Sebuah Gigi Yang Lebih Besar Dari pada Reptil Modern.


Kepunahan Dinosaurus

Beberapa Orang Menganggap Bahwa Burung Merupakan Bagian Dari Dinosaurus, Bagi Mereka Dinosaurus Tidak Seutuhnya Punah. Meski Begitu Dinosaurus Yang Bukan Termasuk Dalam Jenis Burung Sudah Mengalami Kepunahan Sekitar 66 Juta Tahun Yang lalu. Selain DInosaurus Pada masa ini pun banyak kepunahan binatang Seperti: ammonite,mosasaur,pesiosaur,pterosaur Dan Beberapa Kelompok Mamlia Lainnya.Kemudian Adanya Kepunahan Besar-Besaran Yang Dikenal Sebagai Cretaceous-Paeogene. Juga Sejak tahun 1970 Masih diadakannya penelitian Mengenai mengapa Hal Tersebut Dapat Terjadi.

Tingkat air laut naik dari 100 Hingga menjadi 250 pada puncak Era Mesozoic Yang mana lebih tinggi dari sekarang. Temperatur planetpun pada masa itu lebih seragam hanya dengan 25 oC Membatasi Temperatur kutub  Dengan Meraka yg ada di khatulistiwa. Rata-rata temperatur Lebih tinggi Misalkan di kutub 50 oC lebih panas dari hari ini.Komposisi atmosfir pada era mesozoic ini masih menjadi perdebatan. Beberapa akademisi berargumen bahwa level dari oksigen lebih tinggi dari masa kini, Beberapa lainnya berargumn bahwa adaptasi biologis yang di tunjukan oleh burung dan dinosaurus menandakan bahwa sistem pernafasan mereka berevolusi sangat maju. terlepas dari atmosfirnya, terjadi perubahan iklim yang membunuh banyak spesies.

14 komentar

click to leave a comment!

12 Mei 2016 pukul 00.39 Delete comments

wow luar biasa yah era mesozoic itu ckckck

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 00.46 Delete comments

sudah cukup lama ya 66 juta yg lalu

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 00.54 Delete comments

Dinosaurus itu keren tapi menyeramkan dan kalo mereka ada sangat membahayakan umat manusia :D

http://renseo.blogspot.com/2016/05/Ayoo-Majukan-Peternakan-Indonesia-Bersama-ilmuhewan.com.html

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 04.40 Delete comments

Coba sampe sekarang masih ada, mungkin manusia dijadiin camilan

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 15.26 Delete comments

lengkap banget gan sejarah dinosaurusnyaaa >.<
ane juga termasuk penyuka dino lohh XD

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 15.30 Delete comments

Terima kasih gan, ternyata dinosaurus udh lama ada yah

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 15.39 Delete comments

meambah pengetahuan. thanks ya om

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 16.09 Delete comments

oh jadi tau nih sejarahnya dinasaurus :D

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 16.19 Delete comments

waaah klo sampek skg dino nya msh hidup kita jd santapan tiap hr ni.

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 16.49 Delete comments

ane masih binggung sebenarnya dinasaurus bener ada atau tidak ya

Reply
avatar
SSS
12 Mei 2016 pukul 16.52 Delete comments

Ya dalemin ilmu agama gan :3, pasti tau dah :D
ane gk berani nyimpulin bener apa enggak adanya si dinosaurus , tapi banyak bukti juga yang di temukan , so menurut agannya aja gmna :D

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 20.40 Delete comments

sip sip (y)
kalo ada pintu kemana saja... ane pengen buat kebun binatang hewan purba -_- #plakk

Reply
avatar
12 Mei 2016 pukul 21.02 Delete comments

hmm kalo kata temen ane punahnya gara gara meteor :v btw thanks infonya

Reply
avatar

♦ Komen Yang Relavan
♣ Dilarang Spaming
♠ Dilarang Menybarkan Situs Porno
♥ Dilarang Menyabarkan Situs Active Maupun Non-Active

Hargailah Sumber Utama¹ [♦♣♠♥]
EmoticonEmoticon